Informasi Traveling Terbaru

Di Pulau Belanda, Matahari Terbenam, Naik Sepeda, dan Domba

Texel

Di pulau Texel, bagian dari kepulauan Frisian, Traveler 52 Places menemukan tempat pesona yang tenang dan makanan yang memicu obsesi.

Ada yang salah dengan domba Jan-Willem Bakker. Dia bisa tahu dari jarak 30 kaki saat kami mendekati kawanan dengan sepeda quad.

“Lihatlah telinganya,” katanya, menoleh padaku dengan ekspresi khawatir pada wajahnya yang terbakar matahari.

Matahari bersinar di langit biru terbuka lebar, membuat cakrawala hijau datar tampak tak terbatas. Pak Bakker turun dari sepeda dan mendekati domba, yang, sekarang dia menyebutkannya, terlihat sedih, dengan telinga terlipat, diam sementara kawanan domba di sekitarnya mengembara pergi. Dengan lembut mendorong yang lain ke samping, Tuan Bakker mengambil domba dan membawanya ke pagar. Di sana, ia mengeluarkan termometer, memeriksa suhunya (sedikit lebih tinggi dari seharusnya) dan mulai memberikan serangkaian suntikan, semua obat penghilang rasa sakit alami dan pengurang demam.

“Saya hanya menggunakan antibiotik jika keadaan menjadi sangat buruk,” kata peternak domba generasi kedelapan. “Dan kemudian, saya masih memperlakukan domba secara individual. Di pulau ini, alam terhubung dan kami tidak dapat merusak sistem. “

Pulau ini adalah Texel, setitik tanah bujur di lepas daratan Belanda. Ini adalah salah satu dari Kepulauan Frisian (atau Wadden), sebuah kepulauan yang membentang ke timur di sepanjang pantai Belanda, Jerman dan Denmark. Mereka berada di daftar 52 Places untuk masuk pada 2019 karena penekanan mereka pada pariwisata berkelanjutan dan makanan lokal.

Texel adalah yang terbesar dari pulau-pulau Belanda, dan merupakan tempat liburan yang populer bagi Amsterdammers, meskipun sebagian besar di luar jangkauan para wisatawan yang jauh. Dengan ketinggian maksimum sekitar 80 kaki, pulau ini dilintasi oleh jalur sepeda yang membentang antara tujuh desanya dan lahan taman nasional dan pertanian yang dilindungi yang menutupi sisanya. Meskipun dilaporkan penuh sesak di musim panas, ketika saya tiba di hari-hari terakhir musim semi, sebagian besar masih kosong. Saya mengayuh naik dan turun di seluruh pulau setidaknya tiga kali dan bisa meluncur selama 40 menit tanpa melihat orang lain. Udara segar membawa bau hewan ternak dan garam laut, dan burung-burung yang bermigrasi membuat lubang berhenti berkompetisi dengan domba vokal untuk mengudara.

Saya berakhir dengan meminjam baju dan sepatu bot hujan di belakang sepeda quad Pak Bakker selama putaran makannya setelah muncul di pertaniannya, De Waddel, tanpa pemberitahuan pagi itu.

Malam sebelumnya saya mencicipi domba terbaik yang pernah saya makan di Bij Jef, sebuah restoran dan hotel di desa Den Hoorn kurang dari empat mil dari peternakan, dan saya memutuskan untuk mencari sumbernya.

Saya diantar ke dapur oleh ibu Tn. Bakker, yang berbicara bahasa Belanda yang cepat (yang tidak saya ucapkan) sambil memberi isyarat kepada saya untuk duduk. Dia membawa seorang sukarelawan muda yang mengatakan kepada saya, dalam bahasa Inggris, untuk kembali beberapa jam kemudian untuk bertemu dengan Pak Bakker – dan 400 domba anehnya.

Menurut Jef Schuur, yang membuka Bij Jef pada tahun 1996 bersama istrinya, Nadine Mogling, seorang sommelier pemenang penghargaan, Texel adalah “gurun kuliner” ketika mereka mulai. Bahan diimpor, pariwisata masih dalam tahap awal dan tidak ada yang melihat titik pergi untuk konsep yang lebih tinggi dari dasar.

“Tapi kemudian Anda mulai melihat apa yang ada di lingkungan Anda sendiri,” kata Mr. Schuur, yang tumbuh di Texel tetapi memotong giginya di restoran-restoran terkenal di seluruh Eropa. “Saya tidak pernah berpikir saya akan membuat restoran berbintang Michelin – saya hanya ingin membuat apa yang saya sukai dan bereksperimen dengan apa yang kita miliki.”

Pada tahun 2009, Jef dan Nadine menerima bintang Michelin dan mereka mempertahankannya setiap tahun sejak dengan berfokus pada hal-hal khusus yang ditawarkan Texel, termasuk asparagus putih yang terkenal, makanan laut dan, tentu saja, domba, yang bersumber dari Mr. Bakker di ujung jalan.

“Kita hidup dari musim dan setiap musim memiliki sifatnya sendiri, keindahannya sendiri,” kata Mr. Schuur kepada saya, sebelum saya mengalami menu tujuh menu “Local Meets Cosmopolitan” prix fixe.

Untuk musim semi, itu berarti angin puyuh dari ikan mentah, sayuran segar yang diberi dorongan garam halus oleh air laut yang merembes ke dalam tanah, dan domba yang segera menyapu pikiran apa pun tentang betapa lembut dan menyenangkannya yang Anda lihat saat bersepeda. ke restoran. Ada kerang pisau cukur mentah, diaduk menjadi tartare lunak untuk disedot langsung dari cangkangnya yang panjang; dua hidangan domba, satu panggul yang dimasak dengan sempurna, yang lain bahu diikat selama 36 jam dan dimasak selama 12; dan mackerel, disertai dengan rempah-rempah asparagus dan chorizo ​​mentah yang dicukur, campuran rempah-rempah yang digunakan dalam sosis Iberia.

Makan tiga jam diperbesar oleh fakta bahwa aku sendirian, mengingat setiap gigitan. Pada saat makanan penutup digulung – Es krim Pernod dengan potongan darah oranye dan atasnya dengan karamel tarragon karamel – saya dalam keadaan euforia. Namun keesokan paginya, sedikit lebih jernih, aku punya satu misi: Melacak domba itu.

Texel adalah tempat yang cocok untuk kemewahan, seperti muncul di sebuah peternakan berharap untuk bertemu dengan beberapa domba. Anda dapat bersepeda dari ujung selatannya, tempat penyeberangan dari daratan utama, ke titik utara, di mana cita-cita Platonis tentang mercusuar berdiri di tengah bukit pasir, dan masih memiliki waktu seharian untuk diisi. Pada hari Senin tertentu, Anda dapat menghabiskan sepanjang pagi dengan membuat katalog luas barang-barang yang akan dijual di pasar yang memenuhi jalan-jalan Den Burg, kota terbesar di pulau itu: seorang wanita dengan keranjang berisi wol buatan sendiri; seorang lelaki mengeluarkan poffertjes, pancake kecil yang diselimuti gula bubuk; yang lain memamerkan alat yang mungkin dari desainnya sendiri, alat pembersih yg terbuat dari karet yang bisa digunakan untuk mencuci jendela lantai dua dari tanah.

Masuk akal bahwa Texel adalah tempat di mana para penjilat kota Belanda datang untuk menjauh dari itu semua. Tetapi mungkinkah ini – sebuah pulau yang hanya terdiri dari 13.600 orang – menopang tekanan pariwisata massal? Mungkin tidak. Tetapi sekali lagi, banyak orang mungkin menemukannya – berani saya katakan itu? – membosankan. Bentang alam, didominasi oleh hijau datar yang mustahil, monoton, kecuali jika Anda melihatnya sebagai hipnosis. Persembahan pulau – berenang, hiking, makan, bersepeda – terbatas, kecuali cukup. Penduduknya jauh lebih tertarik pada kehidupan mereka sendiri daripada mereka yang membuat pengalaman pulau untuk Anda. Waktu melambat, dan Anda harus dapat bersenang-senang di lag itu.

Pada hari saya membayangi Pak Bakker di putaran makannya, saya bertanya apakah dia menerima kunjungan wisatawan.

“Kami memang membawa rombongan – dari tur atau perusahaan yang terorganisir – untuk mengajak mereka berkeliling, tetapi secara umum kami terlalu sibuk bekerja,” katanya. “Tapi untuk turis individu, jika seseorang datang ke toko untuk makan keju, ibuku akan memutuskan apakah mereka baik-baik saja. untuk datang di pertanian atau dia hanya melambaikan tangan, “Sampai jumpa.”

Dan sudahkah Texel banyak berubah selama 40 tahun di pulau itu?

“Aku akan mengatakan tidak, karena pertanian ini selalu menjadi duniaku,” katanya. “Tetapi jika ada, kami lebih bergandengan tangan dari sebelumnya. Empat puluh tahun yang lalu, sebagian besar restoran di pulau itu masih melayani domba dari Selandia Baru, tetapi sekarang hampir semuanya berasal dari pulau itu. Itu hanya membuat kami lebih kuat sebagai komunitas petani, tukang daging, koki. “

Saya sudah mencoba untuk menikmati setidaknya satu momen spesifik per tempat di perjalanan ini. Saya berpikir tentang bagaimana tanah terasa di kaki saya, bagaimana udara terasa di kulit saya. Saya menyimpannya dalam folder mental tempat-tempat bahagia, saat-saat saya kembali ke saat-saat stres atau kesedihan. Dalam kasus Texel, momen itu datang pada malam terakhir saya di pulau itu, setelah sore saya dengan Pak Bakker. Tiga puluh menit sebelum matahari terbenam, dengan semangat aku berkuda ke barat sampai aku menabrak salah satu dari banyak pantai yang membentang di sepanjang Bukit Taman Nasional Texel. Angin meniup pasir ke sepatuku dan hawa dingin turun ketika cakrawala di atas Laut Utara menyala di setiap naungan api. Saya berbalik untuk melihat langit lavender yang dalam, pelangi – ya, pelangi – membentang di atas gubuk pantai biru dan putih yang menghiasi pantai. Empat puluh lima menit berlalu dan baru pada saat itu, ketika malam menjelang, aku menyadari bahwa aku adalah satu-satunya orang di sekitar.

Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.